Tanggungjawab Sosial Perusahaan

DASAR KEBIJAKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Pelaksanaan kegiatan CSR Perusahaan didasarkan pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, di antaranya:

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
  2. Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.
  3. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Indonesia No.1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan.

Dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya, Perusahaan memfokuskan perhatiannya kepada konsep 3P yaitu keuntungan (profit), masyarakat (people) dan lingkungan (planet). MPM Finance meyakini bahwa pelaksanaan kegiatan CSR yang berkelanjutan akan menambah nilai perusahaan di mata masyarakat luas sebagai sebuah entitas yang beretika dan bertanggung jawab.

Kesadaran ini didasari ketulusan untuk memberikan kontribusi yang berarti kepada semua pemangku kepentingan.

Salah satu misi MPM Finance adalah memberikan kontribusi bagi kesejahteraan karyawan, masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan serta meningkatkan nilai bagi para pemangku kepentingan secara berkesinambungan di lingkungan tempat usaha beroperasi. Misi ini diimplementasikan melalui komitmen untuk menjalankan program CSR yang dituangkan dalam Empat Pokok Pilar sebagai landasan pelaksanaannya:

  1. Sahabat Rakyat (Pilar Ekonomi) merupakan bentuk kepedulian Perusahaan terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya dalam bidang usaha kecil menengah.
  2. Sahabat Cerdas (Pilar Pendidikan) mencakup kegiatan yang mendukung kegiatan pendidikan.
  3. Sahabat Sehat (Pilar Kesehatan) merupakan bentuk kepedulian Perusahaan dalam bidang kesehatan.
  4. Sahabat Hijau (Pilar Lingkungan) merupakan bentuk kepedulian Perusahaan terhadap lingkungan sekitar baik internal maupun eksternal.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP

Kegiatan tanggung jawab sosial terhadap lingkungan hidup dilakukan guna meminimalisasi dampak negatif terhadap lingkungan atas kegiatan operasional Perusahaan. MPM Finance telah melaksanakan berbagai program untuk mendukung komitmen ini antara lain dengan mengurangi konsumsi kertas melalui berbagai langkah inisiatif seperti pemakaian kertas secara bolak-balik, pemakaian kembali kertas bekas, pengiriman dokumen melalui email, pengajuan memo secara elektronik dengan sistem E-Memo.

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)

MPM Finance menyadari bahwa dalam menjalankan usahanya terdapat kegiatan yang berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan kerja karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu, Perusahaan berkomitmen untuk selalu mempertimbangkan dampak yang mungkin timbul, melalui penerapan sistem kesehatan dan keselamatan kerja yang baik. Sehingga diharapkan mampu meminimalisasi dampak dari kegiatan usaha Perusahaan serta mendorong terciptanya lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan bersih sehingga seluruh karyawan senantiasa aman dan terlindungi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui beberapa langkah berikut:

  1. Penyediaan tempat dan fasilitas kerja yang bersih dan sehat.
  2. Penyediaan peralatan kerja yang layak dan keamanan tempat bekerja bagi karyawan.
  3. Perusahaan menyediakan fasilitas kesehatan bagi karyawan, baik melalui asuransi kesehatan maupun BPJS Kesehatan.
  4. Perusahaan juga menyediakan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh karyawan, untuk memproteksi biaya kecelakaan kerja yang memerlukan perawatan khusus, mengakibatkan kondisi cacat tubuh atau kematian.
  5. Seluruh kantor cabang Perusahaan telah dilengkapi sarana keselamatan kerja seperti alat pemadam kebakaran serta tata ruang yang aman dan nyaman.

TANGGUNG JAWAB SOSIAL BIDANG SOSIAL KEMASYARAKATAN

Edukasi Literasi

Selaras dengan anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 76/POJK.07/2016 tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat, MPM Finance menyelenggarakan kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang menyasar beberapa komunitas tertentu

TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP KONSUMEN

Perusahaan berkomitmen untuk aktif meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap sektor keuangan dan perbankan. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan OJK. Dalam mewujudkan komitmen tersebut, Perusahaan aktif berpartisipasi dalam acara literasi yang diadakan oleh OJK.