Sejarah Singkat

Dalam perjalanannya, dinamika usaha menuntut perusahaan melakukan banyak perubahan serta mengambil beberapa langkah strategis. Perusahaan telah mengalami kemajuan yang signifikan dengan senantiasa memberikan hasil positif bagi para pemangku kepentingan maupun bagi masyarakat.

MPM Finance mengalami berbagai perubahan dan perbaikan, baik dalam status perusahaan maupun kegiatan operasional selama 27 tahun keberadaannya di Indonesia. Kehadiran MPM Finance yang kini telah memiliki lebih dari 80 cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, bermula dari sebuah perusahaan perdagangan surat berharga (sekuritas) bernama PT Elbatama Securindo yang didirikan pada 3 Mei 1990. Pada tahun 1993, perusahaan memutuskan untuk mengubah kegiatan usaha menjadi pembiayaan konsumen dan mengubah nama menjadi PT Elbatama Finance.

Pada perkembangan selanjutnya, tepatnya tahun 2000, PT Austindo Nusantara Jaya melakukan akuisisi terhadap PT Elbatama Finance. Mengikuti akuisisi tersebut, pada tahun 2003, perusahaan mengubah nama menjadi PT Austindo Nusantara Jaya Finance (ANJ Finance).

Pada tahun 2012, perusahaan mengalami perubahan struktur pemegang saham mayoritas. Tepat pada tanggal 7 Januari 2012, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPM) membeli semua saham milik ANJ Finance. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan berganti nama menjadi PT Mitra Pinasthika Mustika Finance (MPM Finance). Perusahaan terus mengalami perkembangan hingga mampu menjadi perusahaan pembiayaan yang kokoh dari segi keuangan serta terus berkembang dari sisi bisnis maupun operasional.

Sebagai bagian dari inisiatif strategis, tepat pada 14 Mei 2014, MPM melakukan merger anak usahanya, yaitu MPM Finance dan PT Sasana Artha Finance (SAF) yang sebelumnya memiliki fokus bisnis pada pembiayaan sepeda motor Honda. Dalam merger ini, MPM Finance menjadi perusahaan penerima penggabungan.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis MPM Finance ke tingkat selanjutnya, pada April 2017, MPM melepas 20% saham MPM Finance kepada Japan Consumer Credit Service Co., Ltd. (JACCS) yang merupakan mitra strategis jangka panjang perusahaan di bidang jasa keuangan dan pembiayaan. Dalam posisi ini, terjadi perubahan komposisi pemegang saham MPM Finance di mana JACCS menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60% saham MPM Finance.