MPM Finance Terima Pinjaman Sindikasi US$ 131 Juta

MPM Finance telah menandatangani perjanjian fasilitas pembiayaan sindikasi dengan 8  lembaga keuangan dari Jepang dan 3  bank lainnya dengan total pinjaman senilai US$ 131 Juta untuk jangka waktu 3 tahun.  Penandatanganan dilakukan dalam acara seremonial yang dilaksanakan pada 23 September 2016 di Singapura. Dalam sindikasi ini, The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ, Ltd (BTMU), Mizuho Bank Ltd dan PT Bank Mizuho Indonesia (Mizuho) serta Standard Chartered Bank bertindak sebagai Mandated Lead Arrangers dan Bookrunners.

Dalam fasilitas pembiayaan sindikasi ini, MPM Finance berhasil menarik minat serta kepercayaan para  investor dari Indonesia, Singapura dan Jepang dengan jumlah total fasilitas sebesar US$ 131 Juta, melebihi target awal sebesar US$ 100 Juta.

Sejak 2015, MPM Finance telah menjalankan strategi lindung nilai yang efektif, baik untuk pinjaman asing dalam US Dollar,  maupun Japanese Yen guna mengatasi resiko nilai tukar mata uang asing yang mungkin terjadi. Direktur Utama MPM Finance Johny Kandano menyampaikan apresiasi perusahaan terhadap BTMU, Mizuho, dan Standard Chartered karena telah membantu MPM Finance dalam membuka relasi perbankan baru yang lebih luas dalam pasar pinjaman sindikasi. Transaksi ini telah memberikan nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan pendanaan MPM Finance sampai penghujung tahun 2016.

“Pendanaan dari pinjaman sindikasi ini akan digunakan sepenuhnya untuk memenuhi modal kerja perusahaan guna mendukung lini bisnis pembiayaan konsumen dan sewa pembiayaan. MPM Finance juga akan melakukan transaksi hedging untuk meminimalisir resiko nilai tukar mata uang asing dan tingkat suku bunga. Keberhasilan dalam mendapatkan fasilitas pinjaman sindikasi ini memberikan kami akses terhadap sumber pendanaan dari luar negeri, dan tentunya menjadi langkah yang signifikan bagi MPM Finance untuk dapat memenuhi dan mendiversifikasi sumber pendanaan”, ungkap Johny.

General Manager BTMU Yusuke Katsuta mengungkapkan, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami  untuk dapat menjalin kerjasama dengan MPM Finance. Kami percaya bahwa fasilitas ini dapat memenuhi kebutuhan pengembangan bisnis serta  mendukung kemajuan ekonomi Indonesia .”

Managing Director dan Head of International Corporate and Financial Institution Standard Chartered Bank Indonesia Ruddy Wangsawidjaja juga menyambut baik keterlibatan perusahaannya dalam pemberian fasilitas sindikasi ini.  “Penandatanganan kesepakatan sindikasi ini merupakan representasi dari komitmen Standard Chartered Indonesia dalam mendukung upaya pertumbuhan jangka panjang MPM Finance serta memahami kebutuhan konsumen tanah air”.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bank Mizuho Indonesia Mitsunobu Hasegawa menganggap bahwa kerja sama dengan MPM Finance ini merupakan bentuk kontribusi perusahaannya terhadap para konsumennya serta ekonomi Indonesia melalui strategi “One Mizuho”. “Kami bangga bisa ikut ambil bagian dalam kerja sama ini dan akan terus menjalin relasi yang kuat dengan MPM Finance,” ujarnya.