MPM Finance Memperoleh Sindikasi USD333 Juta

PT Mitra Pinasthika Mustika Finance (MPM Finance) telah menandatangani perjanjian fasilitas pinjaman sindikasi luar negeri (offshore syndicated facility) dengan 34 lembaga keuangan. Fasilitas ini bernilai total USD333 juta ekuivalen atau setara dengan Rp4,6 triliun yang dikeluarkan dalam dua mata uang yaitu Dollar Amerika Serikat (USD) dan Yen Jepang (JPY) untuk jangka waktu 4 tahun. Kesepakatan kerjasama ditandatangani dalam acara seremonial yang digelar pada tanggal 30 Mei 2018 di Singapura dan 31 Mei 2018 di Jepang. Dalam fasilitas ini Mizuho Bank Ltd. (Mizuho), MUFG Bank., Ltd. (MUFG), dan Oversea-Chinese Banking Corporation Limited (Bank OCBC) bertindak sebagai Mandated Lead Arrangers, Underwriters dan Bookrunners.

Fasilitas pinjaman sindikasi luar negeri seperti ini merupakan salah satu langkah strategis MPM Finance dalam memperoleh biaya bunga yang kompetitif dan juga sebagai bentuk diversifikasi sumber pendanaan di samping fasilitas pinjaman bank bilateral dari dalam dan luar negeri.

CEO MPM Finance Johny Kandano menyampaikan apresiasi Perusahaan kepada seluruh kreditur atas kepercayaan yang telah diberikan kepada MPM Finance. “Fasilitas pinjaman ini akan kami gunakan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan modal kerja Perusahaan hingga kuartal kedua tahun depan” ungkap Johny Kandano.

Fasilitas pinjaman sindikasi luar negeri kali ini merupakan yang ke-4 kalinya diperoleh MPM Finance dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Pada bulan Agustus tahun lalu, MPM Finance juga berhasil memperoleh fasilitas serupa dengan nilai mencapai USD190 juta ekuivalen atau setara dengan Rp2,5 triliun dari 36 lembaga keuangan. Fasilitas pinjaman tersebut telah habis terpakai di bulan April 2018 dan digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan modal kerja Perusahaan.

Johny Kandano menyatakan bahwa hingga 31 Maret 2018, Perusahaan memiliki total pinjaman sebesar Rp6,1 triliun dengan total ekuitas sebesar Rp1,8 triliun yang sangat memadai untuk mendukung pertumbuhan Perusahaan lebih jauh. Adapun rasio pinjaman terhadap ekuitas Perusahaan sebesar 3,40 kali per tanggal 31 Maret 2018, masih jauh dibawah ketentuan regulasi dengan batas maksimal sebesar 10 kali.

Sebagai bukti dari pertumbuhan bisnis yang kuat serta rasio keuangan yang positif, di sepanjang tahun 2017 MPM Finance berhasil meraih penghargaan dari Indonesia Multifinance Consumer Choice Award 2017 yang diselenggarakan oleh majalah Warta Ekonomi sebagai Multifinance Company With Very Good Performance untuk kategori aset antara Rp5 Triliun sampai dengan Rp10 Triliun dan juga Perusahaan dengan predikat "Sangat Bagus" dalam Infobank Multifinance Award untuk kategori Perusahaan Multifinance Terbaik dengan Jumlah Total Aset antara Rp5 Triliun sampai dengan Rp10 Triliun.